}

Conclusion (Pembelajaran Akhir) Animasi 2D dan 3D

Berikut ini adalah kesimpulan dari beberapa materi yang pernah dibahas,

  • Shrotcut dan fungsi key pada Blender
  • S = SCALA (digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek). penggunakan cukup menekan tombol 
  • S pada keyboard dan tidak usah ditahan. setelah menekan tombol S, tinggal menggeser mouse saja. menjauh dari objek untuk memperbesar ukuran, sedangkan mendekat ke objek untuk memperkecil ukuran.
  • E = Extrude, digunakan untuk memperpanjang ukuran. penggunaannya tinggal menekan tombol E pada keyboard lalu tinggal menggeserkan mouse saja.
  • CTRL+R = (menambah garis vertex), membuat garis SEGMEN, membagi objek, ditandai dengan munculnya garis ungu.
  • X = Menghapus objek (object mode), menghapus face (edit mode, faces)
  • Shift = Untuk melakukan seleksi secara beruntun
  • F12 = Preview
  • SHIFT+D = menduplikasi objek
  • TAB = memilih modus object mode atau edit mode
  • G = untuk menggeser obyek 

  • Ekstension pada Adobe Animate adalah SWF
  • Cel Animasi adalah istilah lain dari anmiasi tradisional
  • Shaun The Sheep adalah contoh serial film yang dibuat dengan teknik Animasi stop motion
  •  Fps adalah satuan Frame rate menunjukan banyaknya deretan gambar diam dalam video yang dapat ditampilkan dalam satu detik, frame rate
  • Motion tween merupakan animasi untuk merubah posisi objek
  • Animasi berarti juga usaha untuk menggerakan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri
  • Menu yang terdapat pad header di aplikasi blender (file, add, help, render)
  • Face pada Blender berfungsi untuk menyeleksi objek dari titik tengah .
  • Untuk menggeser view objek kebawah pada Blender dapat menggunakan perintah CTRL + 8
  • Untuk adding object- add, dapat dilakukan dengan cara SHIT + a

  • Objek mode digunakan untuk mengedit objek secara keseluruhan
  • Viewport adalah tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek lain
  • Texturing adalah proses menentukan karakteristik sebuah materi objek dari segi permukaan
  • Setting environtment adalah pengaturan objek pendukung seperti background dan pencahayaan.

  • Dasar transformasi dalam blender meliputi (grab, rotation, move, scale)
  • Ketika kita menekan huruf g, s, dan r berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek, mengatur ukuran sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek

  •  Contoh animasi 2D adalah ( Doraemon, Scooby Doo, Looney Tunes )
  • Kata animasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Animate
  • Contoh animasi 3D pertama yang menggunakan teknologi CGI (Computer Generated Image) adalah Finding Nemo

 
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Conclusion (Pembelajaran Akhir) Animasi 2D dan 3D"